RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : MI Ma’dinul “Ulum” Campurdarat Tulungagung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
6. Menggunakan Pecahan Dalam Pemecahan Masalah
B. Kompetensi Dasar
6.3 Menjumlahkan Pecahan
C.
Indikator
1.
Menjelaskan konsep penjumlahan pecahan.
2.
Menjumlahkan pecahan berpenyebut sama.
3.
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengerti konsep penjumlahan pecahan.
2.
Siswa faham dan dapat Menjumlahkan pecahan berpenyebut sama.
3.
Siswa faham dan dapat Menjumlahkan
pecahan berpenyebut tidak sama
E.
Materi Pembelajaran
Penjumlahan Pecahan
F.
Uraian Materi Pembelajaran
a.
Penjumlahan berpenyebut
sama :
Untuk menjumlahkan pecahan berpenyebut sama kita cukup menjumlahkan
pembilang dengan pembilang, sedangkan penyebutnya tetap.
Misalnya : 1. 1/3 + 1/3 = ......
Bagian yang diarsir digabungkan
+ =
1/3 + 1/3 = 2/3
Simpulannya
adalah penjumlahan pecahan berpenyebut sama dapat diperolehhasilnya dengan
menjumlah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap.
b. Penjumlahan berpenyebut tidak
sama :
Dalam menjumlahkan
pecahan yang memiliki
penyebut tidak sama, terlebih dahulu harus disamakan
penyebutnya dari penyebut-penyebut pecahan. Setelah penyebut disamakan,
selanjutnya menjumlahkan pembilang dengan pembilang.
Misalnya : 1. 1/2 + ¼ = ....
Bagian yang diarsis
Digabungkan menjadi
+ =
1/2 + 1/4 =
3/4
Dari peragaan ini tampak bahwa hasil akhir adalah 3/4, berarti ½+¼= 3/4. Tampak pula ½ = ¼ . Sehingga
½ + ¼ = 2/4 + ¼ = ¾. Peragaan dapat diulang untuk penjumlahan pecahan yang
lain, sehingga siswa mempunyai pengalaman bila menjumlah pecahan dengan
penyebut tidak sama, maka penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu, dengan
mencari pecahan senilainya.
Bila permasalahan berkembang menjadi 3/8 + 1/6 maka sudah tidak
diperlukan peragaan lagi, dan siswa harus mencari penyebut persekutuan dengan
cara mekanik, antara lain dengan menggunakan KPK (kelipatan persekutuan
terkecil). Namun ada pula cara yang dapat dilakukan untuk membantu menentukan
penyebut persekutuan yaitu dengan mendaftar pecahan-pecahan senilainya. Dari
kegiatan ini siswa mempunyai pengalaman memperoleh beberapa penyebut yang senilai
dan sebaiknya dipilih penyebut yang paling kecil untuk menjadi penyebut
persekutuan.
G.
Strategi dan Metode Pembelajaran
§ Strategi :
Cooperative Learning
§ Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya
jawab dan Penugasan.
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru member salam dan mengajak siswa untuk berdo’a bersama-sama.
2.
Guru mengabsen siswa.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi:
1.
Guru
memberikan materi tentang penjumlahan pecahan
2.
Guru
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
Elaborasi:
1.
Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok.
2.
Guru meminta masing-masing kelompok mengerjakan tugas yang
telah diberikan.
3.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya.
Konfirmasi:
1.
Guru
melakukan Tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa.
2.
Guru
memberikan penguatan materi yang telah diberikan.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberi kesimpulan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya materi
yang belum dipahami.
3.
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
4.
Guru
menutup pelajaran,
memberikan salam danberdo’a.
|
10 menit
|
I.
Alat/Sumber Belajar
§ Alat:
Kertas lipat, karton
§ SumberBelajar:
Buku Paket Matematika
BSE Untuk SD/MI Kelas 4
J.
Penilaian
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan konsep penjumlahan pecahan !
2.
¼ + ¼ =
3.
2/3 + 1/3 =
4.
1/3 + 2/6 =
5.
2/5 + 3/10 =
|
Performance
(Penampilan)
|
Praktik
|
Menentukan hasil dari penjumlahan pecahan berpenyebut sama dan
penjumlahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan kertas lipat.
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
|
Tulungagung, Oktober 2015
Guru Mata Pelajaran Matematika
...........................................
NIP .
|
LEMBAR
KERJA KELOMPOK
1.
2/4
+ 2/4 =
2.
Carilah hasil penjumlahan pecahan
tersebut dengan menggunakan gambar, 2/4
+ ¼ =
3.
Kerjakan dengan menggunakan kertas
lipat, 1/3 + 1/3=
4.
2/5 + 3/10 =
5.
Kerjakan dengan menggunakan kertas
lipat 2/3 + 1/6=
6.
Carilah hasil penjumlahan pecahan
tersebut dengan menggunakan gambar, 2/3 dan ¼ =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar