Selasa, 28 Februari 2017

RPP Tematik kelas 1 tema diriku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                               
:
MI Ma’dinul Ulum Campurdarat
Kelas/Semester                  
:
I (Satu) / 1(Satu)
Tema / Topik             
:                
Diriku
Sub Tema
:
1.    Aku dan Teman Baru / I (satu)
Pembelajan Ke-
:
1 (Pertama)
Alokasi Waktu
:           
1 (Satu ) Hari
A.
Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B
Kompetensi Dasar
PKn
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
PJOK
4.3 Mempraktikan pola gerak dasar manipilatif yang dilandasi  konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
 Bahasa Indonesia
  4.4   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian


 SBDP
  4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
PPKn
  • Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
PJOK
  • Melakaukan gerakan melempar
  • Melakukan gerakan menangkap
Bahasa Indonesia
·         Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·          Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan dan menyebutkan nama temanya
 SBDP
  • Memberi hiasan pada kartu nama                     
D.
Tujuan pembelajaran :
1.      Setelah megikuti permaninan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara bernar
2.      Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
E.
Materi ajar    :
PKn                 :  Berprilaku tertib mentaati peraturan permainan
B. Indonesia    :  Menyebutkan nama teman baru
PJOK               :  Lempar dan tangkap bola
SBDP               :   -  Bernyanyi “ Siapa Namamu” & Menghias kartu nama
F
Pendekatan dan Metode pembelajaran :
-       Pendekatan Scientific
-       Strategi Cooperative Learning
-       Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran
G
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.      Guru mengucap salam
2.      Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
3.      Guru menanyakan kabar
4.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
5.      Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan teman baru” (perkenalan)
Kegiatan INTI :
      Teman Baru “
Langkah-langkah kegiatan:
1.      Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2.      Siswa disuruh mengamati pada buku siswa halaman 3 tentang memperkenalkan diri
3.      Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa    hal 3.
4.      Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru  menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.      Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, dengan menggunakan lagu yang ada dibuku siswa, yang harus disebutkan yaitu nama panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras) 
6.      Siswa yang berhasil menangkap bola ( yang terkena bola) harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7.      Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8.      Guru mengajak siswa untuk membuat kartu nama dan menghias sesuai kreatifitas masing-masing peserta didik.
Langkah-langkah kegiatan:
a.       Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
b.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
c.    Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
d.   Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh
e.    Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
f.     Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
Penutup : 15 menit
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan hari ini.
2.      Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.      Guru mengajak semua siswa berdoa dan mengucap salam untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini.
 H
Media (Alat) dan  Sumber Belajar
Media  : 
1.      Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
2.      Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa.
3.      Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
Sumber Belajar = - Buku siswa dan buku guru tema 1 Diriku
 I
Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik memperkenalkan diri dengan permainan
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
  1.  
Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan

Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
  1.  
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai instruksi tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai instruksi tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan
Siswa belum mampu  melakukan permainan sesuai instruksi
  1.  
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap bola
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa mampu melempar dan menangkap bola tetapi 1-2 kali meleset
Siswa mampu melempar dan menangkap bola tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola

Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Kartu Nama
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
  1.  
Komponen kartu nama
Memenuhi 3 komponen ( gambar/foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik).
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen
  1.  
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna tau lebih
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan  warna



Mengetahui :                                                                Tulungagung,  09 September 2016
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas 1


Aan Khoirul Anam S.Pd                                                   Nur Awaliyatul Ifadiyah























Lampiran
MATERI
Sebutkan nama teman-teman Udin
Perkenalkan dirimu didepan kelas
(Buku Siswa halaman 1)
                                       

 
(Buku Siswa halaman 1)













Lakukan berkenalan sambil bernyanyi  
“ Siapa Namamu “  Cipt. A.T Mahmud
Buatlah Buatlah kartu nama dan hiaslah
( Buku siswa halaman 7 )
                                       

 
(Buku siswa  halaman 3)


 












LAMPIRAN PENILAIAN HASIL
Cara Penilaian Membuat Kartu Nama
No

Nama Siswa
Perolehan Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
  1.  
Nur Awaliyatul Ifadiyah
4
3
  1.  
Nuri Habibul Hamidah
3
3
  1.  
Muflihah Nginayati
4
4

 Rumus perhitungan sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa  X 100
                Skor ideal
Keterangan :
  • Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
  • Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
Mufli : 7/8 x 100 = 87,5

Cara Penilaian memperkenalkan diri  dengan permainan
No
Nama siswa
Perolehan skor
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
1
Nur Awaliyatul Ifadiyah
4
3
4
2
Nuri Habibul Hamidah
3
4
3
3
Muflihah Nginayati




Rumus perhitungan sebagai berikut:
X 100
 
Jumlah skor yang diperoleh siswa                 
                            Skor ideal


Keterangan:
·    Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
·     Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
      Pada contoh ini, skor ideal = 3 X 4 = 12

Perhitungan nilai akhir siswa:
Ifa  : 11 x 100 = 91,7
                    12

Nuri : 10 x 100 = 83,3
              12









Tidak ada komentar:

Posting Komentar