RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
MI Ma’dinul Ulum Campurdarat
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester
|
:
|
I (Satu) / 1(Satu)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tema / Topik
|
:
|
Diriku
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub Tema
|
:
|
1. Aku dan Teman Baru / I (satu)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pembelajan
Ke-
|
:
|
1 (Pertama)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
1 (Satu ) Hari
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B
|
Kompetensi Dasar
PKn
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
PJOK
4.3 Mempraktikan pola gerak dasar manipilatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional
Bahasa Indonesia
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
SBDP
4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi :
PPKn
PJOK
Bahasa Indonesia
·
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama lengkap.
·
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama panggilan dan menyebutkan nama temanya
SBDP
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Tujuan pembelajaran :
1.
Setelah
megikuti permaninan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan secara bernar
2.
Dengan
melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Materi ajar :
PKn : Berprilaku tertib mentaati peraturan
permainan
B. Indonesia : Menyebutkan nama teman baru
PJOK : Lempar dan tangkap bola
SBDP :
- Bernyanyi “ Siapa Namamu” & Menghias kartu nama
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F
|
Pendekatan dan Metode pembelajaran
:
- Pendekatan
Scientific
- Strategi
Cooperative Learning
- Metode Tanya
jawab, Diskusi dan Bermain peran
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G
|
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru mengucap salam
2.
Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
3.
Guru menanyakan kabar
4.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
5.
Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan teman baru” (perkenalan)
Kegiatan INTI :
“
Teman Baru “
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2.
Siswa disuruh mengamati pada buku siswa halaman 3 tentang
memperkenalkan diri
3.
Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan
Beni di buku siswa hal 3.
4.
Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan
lempar bola dan guru menjelaskan
aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.
Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, dengan menggunakan lagu yang ada dibuku
siswa, yang harus disebutkan yaitu nama
panjang....biasa dipanggil Ibu/ Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6.
Siswa yang berhasil menangkap bola ( yang terkena bola) harus
menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada
teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan
nama panggilan.
7.
Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8. Guru
mengajak siswa untuk membuat kartu nama dan menghias sesuai kreatifitas
masing-masing peserta didik.
Langkah-langkah
kegiatan:
a.
Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita
bisa juga menggunakan kartu nama.
b. Guru menyampaikan
bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
c. Guru membagikan
potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
d. Guru menunjukkan kartu
namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh
e. Siswa diminta untuk
menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
f. Siswa diminta
menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua
kartu nama di kelas.
Penutup : 15 menit
1.
Guru bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan
hari ini.
2.
Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
3.
Guru mengajak semua siswa berdoa dan mengucap salam
untuk mengakhiri pembelajaran pada hari ini.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H
|
Media (Alat) dan Sumber Belajar
Media :
1.
Bola
plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
2.
Karton/kertas/kardus
bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa.
3.
Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
Sumber Belajar = -
Buku siswa dan buku guru tema
1 Diriku
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I
|
Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik memperkenalkan diri
dengan permainan
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Membuat Kartu Nama
Mengetahui :
Tulungagung,
09 September 2016
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
Aan Khoirul Anam S.Pd Nur Awaliyatul Ifadiyah
Lampiran
MATERI
Sebutkan
nama teman-teman Udin
Lakukan
berkenalan sambil bernyanyi
“
Siapa Namamu “ Cipt. A.T Mahmud
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL
Cara Penilaian Membuat Kartu Nama
Rumus perhitungan sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa X
100
Skor ideal
Keterangan :
Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
Perhitungan nilai akhir siswa :
Mufli : 7/8 x 100 = 87,5
Cara Penilaian memperkenalkan diri dengan permainan
Rumus
perhitungan sebagai berikut:
Skor ideal
Keterangan:
· Jumlah skor yang diperoleh siswa
adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
· Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya
kriteria dengan skor tertinggi.
Pada contoh ini, skor ideal = 3 X 4 =
12
Perhitungan
nilai akhir siswa:
Ifa : 11 x 100 = 91,7
12
Nuri : 10 x 100 =
83,3
12
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar