Sabtu, 06 Juni 2015

contoh resensi buku

Judul :  MODEL DESAIN SISTEM       PEMBELAJARAN
Penulis : Benny A. Pribadi
Penerbit : Dian Rakyat
Tahun terbit : 2011
Kota terbit : Jakarta
Tebal halaman : 216 halaman
Harga : Rp. 50.000


Buku ini mengupas berbagai model desain system pembelajaran untuk diterapkan di pendidikan formal,agar menciptakan program pembelajaran yang efektif,efisien dan menarik.
Di dalam buku ini membahas beberapa materi diantaranya terbagi menjadi 7 bab. Bab pertama membahas tentang konsep belajar menggunakan konsep pembelajaran,kompetensi dan tujuan pembelajaran,klasifikasi dan hierarki dari setiap ranah atau domain,serta criteria dan perspektif pembelajaran yang sukses meliputi beberapa indicator yaitu efektivitas ,efisiensi, dan gaya tarik.
Kedua membahas tentang pandangan pembelajaran sebagai system dengan komponen-komponen yang saling berkaitan dan bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi secara optimal,mendukung pemahaman dan diskripsi tentang teori system dan karakteristik system. 
Ketiga mengupas tentang makna desain system pembelajaran ,paparan makna desain pembelajaran ini mengemukakan hubungan antara bidang teknologi pendidikan dengan desain system pembelajaran. Serta kompetensi yang perlu dimiliki oleh perancang system pembelajaran dan teori-teori yang mendasari aplikasi desain system pembelajaran.
Keempat membahas tentang pengertian,kegunaan dan klasifikasi model desain system pembelajaran . perkembangan dan evosi dengan karakteristik yang spesifik pada masing-masing tahap perkembangan. Klasifikasi model-model desain system pembelajaran. Yaitu :Classroom oriented,Product oriented dan System oriented.
Kelima menguraikan rinci tentang model-model desain system pembelajaran yang meliputi beberapa model penting. Yaitu : Model sistematik,Model ASSURE,Model Cycle dan Model ADDIE dan model desain Front-end systematic design.
Keenam membahas tentang pendekatan atau aliran konstruktivistik dalam desain system pembelajaran yang meliputi pergeseran paradigma dari pendekatan behavioristik menjadi pendekatan konstruktivistik,serta  membahas tentang makna pendekatan konstruktivistik ,komponen-komponen penting dalam pendekatan konstruktivistik,dan contoh desain system pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivistik.
Ketujuh membahas tentang implementasi model-model desain system pembelajaran dalam system pendidikan formal dan non-formal,bahwa implementasi desain system pembelajaran sebagai suatu prosedur yang sistematik dan sistemik dapat diaplikasikan dalam system sekolah.
Kelebihan buku ini dapat menciptakan aktivitas pembelajaran yang berkualitas,menciptakan progam pembelajaran yang efektif,meningkatkan efektifitas program pembelajaran,Mempermudah proses pembelajaran. Tetapi buku ini terlalu banyak systemnya dan sulit untuk difahami .
Buku ini baik dibuat acuan system pembelajaran ,dengan kita membaca modul ini bisa menambah wawasan kita tentang cara atau model-model pembelajaran yang membuat siswa kita tidak jenuh saat kita member pelajaran.

1 komentar: