RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun oleh :
1.
NUR AWALIYATUL IFADIYAH (2817133131)
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
TULUNGAGUNG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pendidikan Penjas Orkes
Dosen
Pembimbing Bapak Ahmad Sudakir
Disusun
oleh
1. Nur Awaliyatul Ifadiyah (2817133131)
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU
KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) TULUNGAGUNG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI MA’DINUL ULUM Campurdarat
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : V (lima) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan
berbagai keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
serta nilai kerjasama , kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mempraktekkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportifitas dan kejujuran.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A.
Indikator Pembelajaran
-
Melakukan gerakan: melambungkan bola, melempar bola, menangkap bola, dan berlari.
B. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
dapat melakukan gerakan : melambungkan bola, melempar bola, menangkap bola, memukul
bola, dan berlari.
-
Siswa dapat bermain rounders (kasti) dengan
peraturan yang sederhana atau dimodifikasi
C. Materi Pembelajaran
a. Permainan bola kecil sederhana, meliputi
: melambungkan bola, melempar bola, menangkap bola, memukul bola, dan berlari.
b. Bermain rounders (kasti) dengan peraturan
yang sederhana atau dimodifikasi.
D. Metode Pembelajaran
a) Ceramah
b) Demonstrasi
c) Penugasan
d) Latihan
e) Tanya jawab
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi.
2. Pemanasan secara umum, meliputi :
a.
Peregangan
atau penguluran tubuh secara perorangan dan berpasangan.
b.
Berlari
mengelilingi lapangan olah raga.
c.
Senam
berbagai jenis dengan beban paling banyak di tangan.
3. Melambungkan
bola menggunakan tangan kanan dan kiri.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Guru
menjelaskan tehnik cara permainan bola kecil sederhana meliputi : melambungkan bola, melempar
bola, menangkap bola, memukul bola, dan berlari yang benar.
2.
Siswa
mengamati tehnik cara melambungkan bola, melempar bola, menangkap bola,
memukul bola, dan berlari benar yang dijelaskan oleh guru.
3.
Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan
yang sportivitas.
4.
Melakukan
lempar tangkap dari berbagai arah dan kecepatan : melempar bola lurus,
melempar bola lambung, melembar menyusur tanah dilakukan secara berpasangan.
5.
Melakukan gerakan memukul bola dengan hitugan, memukul
bola yang di lambungkan sendiri, dan memukul bola yang dilambungkan oleh orang lain.
6.
Membagi kelompok yang seimbang untuk persiapan
main.
7.
Bermain kasti dengan peraturan yang dimodifikasi.
8.
Bermain kasti / pemantapan.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Pendinginan calling down
2.
Evaluasi, diskusi,
tanya jawab proses
pembelajaran yang telah dipelajari.
3. Berbaris, berdoa dan bubar.
|
5
Menit
|
F.
Alat
(media) dan Sumber Pembelajaran :
a)
Alat
pembelajaran
-
Peluit
-
Bola
kasti
-
Pemukul
b)
Sumber
pembelajaran
-
Buku
Penjasorkes MI.
-
Buku referensi bermain rounders.
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
· Melakukan gerakan:
· Melambungkan bola
· Melempar bola
· Menangkap bola
· Berlari
|
Test lesan
|
Test praktik
|
Praktikkanlah memukul bola
|
Rubrik Penilaian (Unjuk Kerja Permainan
Rounders)
ASPEK YANG DINILAI
|
KUALITAS GERAK
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Melambungkan bola
2. Melempar bola
3. Menangkap bola
4. Memukul bola
5. Berlari
6. Bermain Rounders
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
|||||
Format Kriteria
Penilaian
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Baik
* kadang-kadang Baik
* tidak Baik
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
-
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui
Kepala Madrasah,
Aan Khoirul Anam M.Pd.I
NIP. -
|
Tulungagung, 29 April 2015
Guru Kelas V,
Nur
Awaliyatul Ifadiyah
NIM.
2817133131
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar